27 April 2020

5 Penyebab AC Bocor dan Solusinya

AC bocor bisa jadi masalah yang menjengkelkan. Agar Anda tak perlu lagi mengepel lantai berulang kali akibat AC bocor, ketahui penyebab dan solusinya.


1. Filter kotor
Filter pada AC merupakan bagian yang mudah kotor. Filter yang kotor bisa menghalangi udara untuk mencapai gulungan evaporator. Hal ini menyebabkan gulungan tersebut menjadi terlalu dingin hingga membeku. Jika mencair akan menyebabkan kelebihan air yang tidak lagi bisa tertampung. Akibatnya akan terjadi kebocoran pada AC. Untuk memperbaikinya, Anda perlu memeriksa keadaan filter. Jika terbukti kotor, gantilah filter dengan yang baru.


2. Pemasangan yang keliru
Jika AC baru Anda sudah mengalami kebocoran, Anda perlu memeriksa pemasangannya. Biasanya, masalah disebabkan oleh pemasangan yang tidak lurus. Jika tidak ada masalah pada pemasangan, hubungi teknisi untuk memeriksa AC Anda.


3. Kebocoran zat pendingin
Jika kebocoran AC diikuti dengan hembusan udara hangat dari AC, Freon Anda mungkin adalah penyebabnya. Zat pendingin atau Freon berfungsi menyerap udara hangat dari ruangan Anda dan menggantinya dengan udara dingin. Kebocoran zat pendingin harus segera ditangani karena bisa beracun dan berbahaya bagi tubuh Anda.


4. Lumut dan jamur
Salah satu penyebab utama AC bocor adalah tersumbatnya saluran pembuangan. Debu, kotoran, dan jamur yang menumpuk bisa menghalangi aliran air dari AC. Agar bisa keluar, air akan mencari celah lain. Akibatnya, AC menjadi bocor. Jika Anda membiarkan masalah ini terlalu lama, tumpukan kotoran pada saluran pembuangan bisa membuat kualitas udara menjadi buruk. Untuk mengatasinya, segera hubungi teknisi AC untuk membersihkan saluran pembuangan AC.


5. Pipa tua
Pelapis pipa AC yang rusak bisa menyebabkan kebocoran pada AC Anda. Sebagai solusi, ganti pelapis pipa dengan yang baru. Jika AC masih bocor, hubungi teknisi untuk memeriksa lebih lanjut unit AC Anda.


Butuh bantuan memperbaiki AC Anda?
Hubungi layanan pelanggan Mitsubishi Electric hari ini untuk mengatur jadwal servis dengan teknisi kami.

Previous Article

4 Tanda AC Anda Bekerja Terlalu Keras

Next Article

Aturan Penggunaan AC untuk Kamar Bayi

Menerima Produk Terbaru dan Terupdate